Saturday, December 21, 2013

Filled Under:

Mempersiapkan siswa untuk berbagi Potofolio


            Sama seperti kita tidak mengharapkan anak-anak untuk menulis atau berbicara dengan baik tanpa instruksi dan latihan yang cukup , tidak masuk akal untuk mengharapkan siswa untuk mudah dan efektif berbagi cerita tanpa bantuan . 
Guru telah menyusun sejumlah strategi untuk mempersiapkan siswa untuk berkomunikasi dengan target audiens . 
Beberapa strategi tersebut meliputi, :
§      berpasangan siswa di kelas ( " mitra portfolio " ) untuk berlatih mempresentasikan karya mereka satu sama lain ;

§        berpasangan penulis portofolio dengan mahasiswa yang lebih tua beberapa nilai di atas . Siswa yang lebih muda akan berlatih mempresentasikan karyanya seolah-olah dia adalah menyajikan kepada audiens yang dituju ( misalnya , orang tua di malam Portofolio ) . Kedua siswa bisa mendapatkan keuntungan sebagai siswa yang lebih tua memberikan umpan balik dan dorongan dan dapat meningkatkan self-efficacy nya sendiri untuk tugas tersebut melalui pemodelan dan les siswa yang lebih muda .
§  menyediakan model . Guru memberikan model portofolio baik yang menggambarkan bagaimana produk itu sendiri secara efektif dapat berkomunikasi dengan penonton melalui cara itu dibangun . Guru juga dapat model proses komunikasi dengan berjalan melalui bagaimana dia akan berbagi portofolio dengan audiens yang spesifik . 
Evaluasi : Jika portofolio akan digunakan untuk evaluasi , 
bagaimana dan kapan harus itu dievaluasi ?
Seperti dengan semua elemen dari portofolio yang dijelaskan di atas , bagaimana dan kapan evaluasi ditujukan bervariasi di seluruh guru , sekolah dan kabupaten . Ambil , misalnya, ...
 

Evaluasi da  Grading
    Evaluasi mengacu pada tindakan yang membuat keputusan tentang sesuatu . Grading membutuhkan proses yang satu langkah lebih jauh dengan memberikan kelas untuk penilaian tersebut. Evaluasi mungkin cukup untuk tugas portofolio .



Apa  tujuan  dari portofolio ?
Jika tujuannya adalah untuk menunjukkan pertumbuhan , guru bisa membuat penilaian tentang bukti kemajuan dan memberikan penilaian mereka sebagai umpan balik kepada siswa atau membuat catatan dari mereka untuk catatan sendiri .

Demikian pula , siswa dapat menilai sendiri kemajuan yang ditunjukkan atau tidak ditampilkan , tujuan dipenuhi atau tidak dipenuhi . Tidak ada kelas yang perlu diberikan . Pada skala yang lebih besar , evaluasi isi dalam portofolio atau seluruh paket dapat dilakukan oleh badan-badan eksternal (misalnya , anggota masyarakat , pendidik lainnya , papan negara ) untuk tujuan menilai penyelesaian standar atau persyaratan tertentu . Meskipun evaluasi serius , dan lulus bahkan mungkin bergantung pada itu , tidak ada kelas kelas dapat diberikan .

Di sisi lain , pekerjaan dalam portofolio dan proses perakitan dan merenungkan portofolio dapat terdiri seperti sebagian besar karya siswa di kelas atau kelas bahwa guru menganggap perlu memberikan nilai untuk itu dan memasukkan menjadi nilai akhir siswa . Atau , beberapa guru menetapkan nilai karena mereka percaya tanpa nilai tidak akan ada insentif yang cukup untuk beberapa siswa untuk menyelesaikan portofolio .
 Ahh , tapi ...


Apa ada Kelas/tidak?
Beberapa guru memilih untuk yang  tidak ada di kelas portofolio karena mereka telah ditetapkan nilai dengan isi yang dipilih untuk dimasukkan .
The metakognitif
 dan  organisasi elemen .
  Portofolio lebih dari sekedar kumpulan karya siswa . Tergantung pada tujuannya , siswa mungkin juga termasuk refleksi pada pertumbuhan , kekuatan dan kelemahan , pada tujuan yang atau harus diatur , tentang mengapa sampel tertentu menceritakan kisah tertentu tentang mereka , atau mengapa isi mencerminkan kemajuan yang cukup untuk mengindikasikan penyelesaian standar yang ditunjuk . Beberapa keterampilan proses juga dapat menjadi bagian dari guru atau sekolah atau standar kabupaten . Jadi , portofolio memberikan beberapa bukti pencapaian standar tersebut . Salah satu atau semua elemen ini dapat dievaluasi dan / atau dinilai.
Penyelesaian . Beberapa portofolio yang dinilai hanya pada apakah atau tidak portofolio selesai .

Selain contoh pekerjaan siswa dan refleksi atas pekerjaan itu, portofolio juga mungkin termasuk daftar isi atau surat lamaran (baik biasanya disusun oleh siswa ) untuk membantu pembaca dalam membuat rasa tujuan , proses dan isi portofolio . Ini akan sangat berguna jika portofolio adalah untuk dibagikan dengan khalayak eksternal terbiasa dengan kursus seperti orang tua , pendidik dan anggota masyarakat lainnya .
 
Proses apa yang akan terlibat dalam selama pengembangan portofolio ?
          Salah satu atribut terbesar dari portofolio ini berpotensi untuk fokus pada proses pembelajaran .Terlalu sering dalam pendidikan kita menekankan produk siswa membuat atau hasil yang mereka capai . Tapi kita tidak memberikan perhatian yang cukup untuk proses yang diperlukan untuk menciptakan produk-produk atau hasil , proses yang terlibat dalam self- diagnosis dan perbaikan diri , atau proses metakognitif berpikir . Akibatnya , produk atau hasil tidak sebaik seperti yang kita atau siswa ingin karena mereka sering tidak yakin bagaimana untuk memulai , bagaimana mendiagnosa diri atau mengoreksi diri atau bagaimana untuk menentukan kapan sebuah pekerjaan adalah " selesai . "

Meskipun berbagai proses dapat dikembangkan atau digali melalui portofolio , penulis tetap  fokus pada tiga dari yang paling umum :
Ø    pemilihan isi portofolio ;
Ø    refleksi pada sampel kerja dan proses ;
Ø    konferensi tentang isi dan proses .
 

Pemilihan Isi
Sekali lagi , mengidentifikasi tujuan ( s ) untuk portofolio harus mendorong proses seleksi .
 Seperti yang tercantum dalam tabel di atas , sampel yang berbeda dari pekerjaan siswa kemungkinan akan dipilih untuk tujuan yang berbeda
               Selain itu , bagaimana sampel yang dipilih juga mungkin berbeda tergantung pada tujuan . Sebagai contoh, untuk portofolio evaluasi , guru mungkin memutuskan mana sampel perlu dimasukkan untuk mengevaluasi kemajuan siswa
              Di sisi lain , termasuk mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan jenis yang tepat dari sampel untuk dimasukkan mungkin lebih penting untuk portofolio pertumbuhan untuk mempromosikan refleksi bermakna
             Akhirnya , portofolio showcase mungkin dirancang untuk menyertakan masukan yang signifikan dari siswa yang prestasi terbaik sampel sorot dan kemajuan , atau guru mungkin terutama membuat keputusan .
         Juga , penonton di luar guru dan siswa mungkin memiliki masukan ke dalam isi dari porfolio , dari tim atau departemen anggota , kepala sekolah dan komite kabupaten untuk lembaga-lembaga eksternal kepada orang tua dan anggota masyarakat

              Khalayak eksternal yang paling mungkin untuk memainkan peran untuk portofolio evaluasi . Namun, penting untuk diingat tidak ada aturan keras tentang portofolio . Apa pun dapat dimasukkan dalam portofolio . Siapapun dapat terlibat dalam proses seleksi , refleksi dan evaluasi portofolio . Fleksibilitas berlaku untuk portofolio seperti halnya untuk setiap penilaian otentik . Artinya, Anda harus benar untuk tujuan Anda ( s ) , tetapi Anda harus merasa tidak ada kendala pada bagaimana Anda bertemu mereka dengan tugas portofolio .

0 comments:

Edukasi Tok

EDUKASI TOK HANYA INGIN INFORMASI YANG EDUKATIF"

GO_0N_IN ENLISH


GO_0N_IN ENLISH



EDUKASI TOK

EDUKASI TOK



Copyright @ 2013 EDUKASI TOK .